6 Tempat Wisata di Semarang Terbaru yang Hits dan Kekinian, Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Semarang adalah surga bagi anak-anak muda pecinta spot foto instagenic dan ciamik. Di ibukota Provinsi Jawa Tengah ini, Anda bisa berburu berbagai macam destinasi wisata yang memiliki keunikan masing-masing. Mulai dari wisata sejarah dan budaya, wisata religi sampai wisata alam yang menawan.

Walaupun dikenal sebagai salah satu kota industri yang padat penduduk dan sibuk, nyatanya Kota Semarang masih memiliki segudang tempat rekreasi yang cocok untuk berakhir pekan.

Jika membahas tempat wisata di Semarang, tentu kita akan segera mengingat nama lawang sewu yang terkenal dengan keangkerannya. Lantas, ada apa saja sih di Kota Semarang? Simak selengkapnya berikut ini.


Lawang Sewu

Lawang Sewu

Sebagai jejak pertama liburan Anda di Semarang, Lawang Sewu adalah destinasi yang harus Anda singgahi terlebih dahulu. Ia beralamatkan di Jalan Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang tengah.

Lawang Sewu adalah tempat wisata di Semarang yang unik, karena ia dipandang sebagai bangunan angker, bersejarah sekaligus spot terbaik untuk foto pre-wedding. Lantas, mana yang paling cocok?

Sebenarnya, Lawang Sewu adalah sebuah bangunan bekas kantor NIS atau pemerintahan Belanda. Ia dibangun pada tahun 1904-1907. Bangunan ini dikenal angker dan mempunyai nuansa mistis yang kuat, konon menjadi penjara paling kejam di masa pemerintahan Jepang.

Banyak orang percaya, jika di beberapa bangunan Lawang Sewu sering mengalami kejadian-kejadian mistis. Hal ini membuat citranya sebagai bangunan angker semakin kental.

Namun bagaimanapun juga, Lawang Sewu adalah destinasi wisata yang menarik. Bahkan, keindahannya cocok dijadikan sebagai spot foto khususnya saat ketika malam hari.

Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong

Setelah puas berkeliling di Lawang Sewu, mari kita lanjutkan plesir tempat wisata di Semarang dengan mengunjungi salah satu spot foto terbaiknya. Yaitu Klenteng Sam Po Kang yang beralamatkan di Jalan Simongan Nomor 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat.

Klenteng Sam Po Kong adalah tempat pendaratan dan persinggahan pertama Zheng He/Cheng Ho, yaitu seorang Laksamana Tiongkok yang beragama Islam. Bangunan ini syarat akan nilai-nilai sejarah, keagamaan dan toleransi.

Disebut demikian, karena tempat ibadah untuk umat Kong Hu Cu ini didirikan oleh Cheng Ho yang beliau sendiri beragama Islam. Ini adalah salah satu bentuk toleransi yang sungguh luar biasa.

Di kompleks Klenteng Sam Po Kang, Anda bisa menyaksikan berbagai macam patung dan bangunan khas Tiongkok. Ada juga beberapa peninggalan bernada Islami. Di loket pintu masuk, wisatawan bisa menyewa baju ala China.

Silahkan puaskan hasrat fotografi Anda disini, karena memang spotnya sangat keren dan menarik. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari.

Tiket masuk ke Klenteng Sam Po Kong adalah Rp. 10.000 per orang. Sementara itu, jam buka dimulai 08.00-22.00.

Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong Songo

Sedang mencari tempat wisata di Semarang terbaru yang cocok untuk menemani akhir pekan? Kalau begitu, Ayana Gedong Songo adalah jawabannya. Ia terletak di Candi Gedong Songo, Dusun Krajan, Desa Banyukuning, Kec. Bandungan. Destinasi kali ini juga sangat recomended disambangi oleh kaula muda, sebab spot fotonya yang keren dan  instagramable.

Untuk berlibur di Ayana Gedong Songo, maka Anda harus membayar dua tiket masuk. Pertama, Rp. 10.000 per orang untuk masuk ke kawasan Candi Gedong Songo. Kemudian Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang untuk anak-anak dan Rp. 20.000/orang untuk dewasa.

Ayana Gedong Songo menghadirkan konsep wisata modern yang memang ditujukan kepada anak-anak muda, dengan total 35 spot foto cantik. Mulai dari hammock, buble tent, tempat duduk di tengah kolam, balon udara dan masih banyak lagi.

Rekreasi bersama keluarga di Ayana Gedong Songo juga tidak kalah menarik, apalagi ditemani oleh sejuknya udara dan panorama alam indah disekelilingnya.

Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara

Sajian menarik lain dari tempat wisata di Semarang yang cocok dijadikan sebagai spot foto hits dan kekinian adalah Pagoda Avalokitesvara. Ia beralamatkan di Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Semarang.

Kompleks Pagoda Avalokitesvara memiliki luas mencapai 2,25 hektar. Dengan luas tersebut, ia mampu menampung banyak wisatawan yang senantiasa memadati lokasi ini saat musim liburan atau akhir pekan.

Setibanya disana, Anda akan dibuat takjub dengan kemegahan Pagoda Avalokitesvara yang memiliki 7 tingkat dengan ketinggian 45 meter. Di setiap tingkat bangunan terdapat empat patung Dewi Kwan Im yang menghadap empat penjuru mata angin.

Di komplek ini terdapat 5 bangunan dan 2 bangunan utama, yaitu Vihara Dhammasala dan Pagoda Avalokitesvera. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan Pohon Bodhi, patung Budha tidur, Monumen Watugong dan patung Dewi Kwan Im.

Spot foto di malam hari dengan background utama Pagoda Avalokitesvara terlihat begitu memukau, berkat gemerlap cahaya lampu warna-warni yang meneranginya. Inilah yang menjadi favorit wisatawan.

Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

Lagi nge-hits di Instagram, rasanya rugi banget deh jika Anda sampai melewatkan Setiya Aji Flower Farm. Mumpung lagi di Kota Semarang, sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi kebun bunga krisan yang sedang digandrungi oleh muda-mudi ini. Ia berlokasi di Jalan Kendalisodo, Bandungan, Piyato, Bandungan.

Karena mengusung konsep kebun bunga, sudah jelas jika nuansa yang ditawarkannya tidak hanya indah namun juga romantis. Sehingga, cocok sekali jika Anda mengajak pasangan untuk datang berkeunjung. Spotnya yang indah, membuat Setiya Aji Flower Farm sering digunakan untuk menggelar foto pre-wedding.

Liburan di Setiya Aji Flower Farm tidak hanya sebatas berkeliling di kebun bunganya dan foto selfie saja, namun Anda juga bisa membeli bunga krisan. Petik sendiri warna yang Anda dan pasangan suka, harganya cuma Rp. 5.000 per batang.

New Sabana Rawa Pening

New Sabana Rawa Pening

Masih ada satu lagi tempat wisata di Semarang yang akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan oleh pengguna sosial media Instagram, apalagi kalau bukan New Sabana Rawa Pening. Lokasinya berada di Kec. Tuntang, Kota Semarang.

Sebenarnya, destinasi kali ini adalah area Danau Rawa Pening yang airnya mengering selama tiga bulan di musim kemarau. Karena sudah tidak ada lagi enceng gondok dan air danau, lokasinya yang ditumbuhi oleh rerumputan menghijau terlihat seperti padang rumput. Apalagi luas yang mencapai 2.670 hektar.

Pesona keindahan padang rumput ini semakin terlihat sempurna ketika cuaca sedang cerah. Dengan background Gunung Unggaran, Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo, menjadikan spot foto yang tersedia kian terlihat dramatis.

Setiap akhir pekan tiba, New Sabana Rawa Pening menjadi incaran muda-mudi yang haus spot foto instagramable.

Itu tadi informasi singkat tentang tempat wisata di Semarang yang sedang hits dan kekinian. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua, khususnya yang sedang berencana liburan ke Kota Semarang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel